Sabtu, 14 Februari 2015

Jangan sia2 kan perjalanan anda..

Banyak pilihan sebetulnya untuk menghabiskan waktu.  Terlebih kalo kita ada dalam perjalanan dengan durasi yg panjang.  Enam jam misalnya.  Keberadaan gadget memang meringankan rasa bete di hati.  Namun secanggih-canggih smartphone anda, sebanyak mungkin aplikasi yg terinstall di dalamnya, jika dulunya anda adalah penggemar sosialita atau suka bercengkerama ato nggosip sana-sini, keberadaan sosialita digital macam facebook, whatsap , bbm, twitter dan konconya hanya mampu mengalihkan perhatian anda sejam lamanya.  Dan harga yg harus anda bayar untuk itu adalah hilangnya kesempatan untuk lebih mengenal sesama penumpang yg lain yg mungkin saja punya kisah kualitas hidup yg jauh lebih baik dari kita.  Dan itu terjadi hari ini.  Tak jauh dari perjalanan ku kali ini.
-*****-
Ceritanya bermula dari pilihan moda ternyaman dan teraman saat ini.  Yups , anda benar!  Kereta Api!.
Ini adalah moda yg paling sy gemari  ketika harus ada urusan di kampung.  Dan ketika terdengar kabar tentang ibu yg sakit dan harus menjalani perawatan inap di rumah sakit, jejari ini langsung mengecek ketersediaan kursi KA untuk keberangkatan hari itu juga.  Sebagaimana sdh bisa ditebak, kursi penuh tak menyisakan satupun utk ku.
Tak ada pilihan, bis pun jadi, meski harus menempuh 12 jam perjalanan.  Terlalu lama bonusnya bila dibandingkan dgn durasi Kereta yg hanya 6 jam saja.  Tapi ya sudahlah, jalani dan nikmati saja.
Perjuangan 12 jam tentu tak akan kuulangi.  Syukurlah kali ini dapat.
Maka perjalanan 6 jam pun menyisakan banyak cerita.  Meski cuma sedikit yg bisa keshare disini.  Lho kok sedikit?  Tenang bro and sis, penyebabnya cuma satu.  Jempol saya terlalu besar utk bisa dgn tepat menutul tuts keyboard smarphone lenovo.
Tapi jangan kuatir kali ini sy berbagi tips ttg apa yg harus dilakukan di kereta agar waktu tempuh anda tak sia2.  Silakan simak dan bagilah jika memang bermanfaat.  Tentu saja bila tips ini tersebar , bukan saja akan bermanfaat bagi sesama juga akan menaikkan nilai rating tingkat keternalan saya.  Hi...3x nggilani banget!
1.  Matikan hp anda!
Lho? Kok? Iya , matikan segera hp anda begitu pantat anda sdh nyaman bertemu kursi yg menjadi haknya.  Tapi lakukan ini setelah anda berkirim kabar terlebih dulu pada dua pihak yg wajib diprioritaskan utk mendapat kabar.  Pertama pihak yg anda tinggalkan.  Kasih tau ke mereka kalo kamu sdh di atas kereta dgn selamat, bilang terima kasih banyak atas layanan yg telah kamu terima sekaligus mohon maaf atas kelakuanmu selama jadi tamu mereka.  Ingat loh ya, jatah nasi dan camilan yg telah kau kuras akan terlupakan oleh mereka dgn ucapan maaf ini.  Tawarkan ke mereka, akan layanan kelas satu dan tulus sekiranya mereka berkenan utk kunjungan balik.
Yang kedua, yg wajib kamu kabari adalah pihak tujuan perjalananmu.  Bisa teman, anak ato istri atau selingkuhan.  Kabarkan kamu sdh dalam perjalanan dan akan nyampe 4,5,6 jam kemudian.  Pemberitahuan ini sangat efektif.  Sekiranya kereta tenggelam di lautan, keluargamu akan berbondong-bondong mencari.  Jika yg kamu kabari adalah anakmu maka ia akan mandi terlebih dulu utk menjemputmu, bila istrimu: dia akan menyiram badannya  dengan kembang tujuh warna agar rasa capek dan penat seketika hilang, bila itu selingkuhanmu: dia punya kesempatan untuk bikin jadwal terbaru kemana harus shoping .
Memang kamu akan kehilangan pesan masuk dan beberapa kabar tak bermutu dari grup yg kamu ikuti.  Tapi itu tak seberapa bila dibandingkan dengan kejutan demi kejutan yg akan kamu alami.
2. Sapalah orang yg terdekat denganmu.
Orang Indonesia paling senang ngobrol.  Beda sama orang Inggris ato Amerika.  Mereka demennya 'talking-talking' saja.  Dengan menyapa terlebih dahulu anda punya kesempatan lebih banyak utk nginterogasi mereka.  Mulailah dgn pertanyaan standar macam : turun mana bu/pak?  Jgn segan2 utk menampakkan rasa senang bila tujuan mereka ternyata sama dgn kita.  Oh sama dong mbak, sy turun surabaya juga, sambil cengengesan seperlunya.  Ingat budaya kita adalah patron,orang lebih senang dgn kesamaan daripada perbedaan.  Dari tiga sampai empat pertanyaan kita sdh bisa mendapat kesimpulan awal apakah orang itu berminat dgn obrolan kita atau nggak.  Eksplorasi lebih jauh minat atau kecenderungan mereka.  Dan ini yg terpenting: jadilah pendengar yg baik.  Maka bisa dipastikan tawaran camilan atau minuman akan mampir ke mulut anda.  Tapi sebelum makan itu semua, berhitunglah terlebih dulu ttg pangkat, posisi dan prospek karir anda.  Jika ternyata karir anda punya masa depan cerah yg mampu menentukan kelangsungan negara dan bangsa, ada baiknya berhati-hati menerima tawaran itu.  Ada kemungkinan bukan pulpy orange tapi arsenik rasa strawberry yg anda terima.
********
Sebetulnya masih ada lagi tips yg lain, tapi sy khawatir bila sy lanjutkan anda semua akan bilang: omong thok, kapan sampeyan ngobrrol sama penumpang lainnya.  Dari tadi nulis terus...!

BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI, MOHON KLIK VOTE FOR ME PLEASE.. Top Blogs keywords hint: Haji, Perjalanan ke tanah suci, perjalanan diri, berbagi perjalanan.
Artikel Terkait Lainnya :

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More