Jumat, 28 Oktober 2011

Back to blogspot.com


Setelah beralih menjadi juliantosupangat.co.cc, dimulailah tahap paling menggairahkan dalam dunia perbloggeran saya. Bukan dengan menambah posting baru, tapi mencari widget dan memasangnya agar setidak-tidaknya mirip website profesional laiknya detik.com, kompas atau media cyber lainnya.

Untuk memanjakan pengunjung agar betah berlama-lama, widget Related Article menjadi garapan pertama. Lama juga untuk membereskan episode ini. Browsing dan install by trial n error menjadi suatu rutinitas. Hampir seharian kuhabiskan untuk memasangnya, mengujinya, lalu membongkarnya kembali. Tanpa bermaksud mengabaikan jerih payah pemosting Related Article, namun kebanyakan rekomendasi mereka gagal total ketika diterapkan pada theme yang kusuka. Kebanyakan copy paste kali ya, sehingga tak jelas mana yang sudah diuji coba pada blog mereka dan berhasil. Hal ini terlihat dari tampilan blog mereka yang tak juga terpampang artikel terkait sebagaimana mereka rekomendasikan ke pembacanya.

Hari menjelang ashar baru kutemukan tutorial yang mantap surotap-rotap. Mungkin takut kali ya,karena kunyatakan sumpah palapa dalam hati: Kalo tutorial tentang artikel terkait ini gak berhasil saya pasang, sumpah selamanya saya gak akan pasang!

Kelar artikel terkait, lanjut untuk mengotak-atik menu side bar. Kutambahkan feedjit yang selain sebagai pemanis juga berfungsi untuk menelusuri asal pengunjung, browser yang digunakan dan kata kunci yang dipakai sehingga dapat menemukan blogku. Kelak kata kunci mereka akan kutambahkan dalam keyword meta tag ku. Harapannya seh moga makin kenceng aja tu mbah Google menjalankan tugas mulianya.

Sampe malam aktivitas nyaloni blog tak juga berhenti. Kali ini kupasang hitstat. Counter untuk menghitung jumlah pengunjung, online visitor dan lamanya mereka menjelajahi blogku. Kelar dalam waktu singkat. Terakhir kupasang Alexa. Widget ini berguna untuk mengetahui kedudukan blog kita di tengah belantara perbloggeran. Bila ranking anda dalam kisaran 30 juta-an, itu berarti masih ada waktu bagi anda untuk menaikkan rangking blog hingga turun dalam kisaran ratusan ribu. Bila nilai alexa anda stabil di kisaran 30-jutaan , jangan patah semangat. Anda jauh lebih berprestasi dari saya. Lihat saja blog ini. Tidak ada data. Artinya masuk kategori 30 juta saja tidak. Tapi saya tak menyerah. Tak putus asa. Kan masih baru...? Kataku dalam hati menyiapkan alasan pembenar.

Pagi sehabis subuh, kubuka pelan-pelan situs ini. Berharap dah ada pengunjung baru. Lalu mereka tertarik dengan tulisanku, berkomentar, dan mungkin mau menjadi pelanggan setia. Tapi nihil. Feedjit dan histats tak menampakkan kabar gembira. Iseng kuketikkan : juliantosupangat.co.cc pada kotak pencarian google. Hasilnya nihil. Blogku gak ditemukan. Artinya jangankan pengunjung , lha wong pemiliknya sendiri gak berhasil menemukan di mana posisi blogku di belantara google.

Rasa penasaran membawaku untuk browsing. Dan...juederrrr....Ini sambaran geledek kedua yang kuterima dalam dua hari ini. Kutemukan juga hot news dari teman-teman blogger yang memakai domain gratis co.cc, bahwa mulai tanggal 30 juni 2011, Google telah menghapus semua blog dengan domain co.cc serentak. Sehingga tak aneh jika blog saya yang menggunakan domain co.cc tidak terindeks sama sekali di Google pencarian. Istilah dunia perbloggeran, blog saya dalam status deindex atau kena sandbox.

Ada seh kabar gembira sedikit dari pengelola domain co.cc. Untuk menenangkan gejolak hatiku, ia berkata:


Administrator
(2011-07-01 14:35)

Hello. We already contacted with Google and are discussing as to the de-indexing. The matter seems to be fixed very soon. I think that you can index your own co.cc domain if you make a request at Google. Please visit here www.google.com/webmasters/ and add your own co.cc domain at "Add a site" area.

Nasihat beliau telah saya jalankan. Dan hasilnya malah memperpanjang masa inkubasi kekecewaan saya.
Saya selaku blogger yang belum mapan, tentu masih harus perlu bantuan mbah google untuk mendatangkan pengunjung baru. Itu berarti hanya ada satu pilihan bila saya masih menghendaki menggunakan layanan gratis dan tetap terindeks oleh Google.

Pilihan itu adalah kembali ke blogspot. Kembali ke: juliantosupangat.blogspot.com.
Saya harap pilihan ini tidak menjadikan anda kecewa karena harus menuliskan deretan huruf yang jauh lebih panjang. Hidup blogspot! Hidup gratisan..!

BILA ANDA SUKA DENGAN ARTIKEL INI, MOHON KLIK VOTE FOR ME PLEASE.. Top Blogs keywords hint: Haji, Perjalanan ke tanah suci, perjalanan diri, berbagi perjalanan.
Artikel Terkait Lainnya :

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More